Skip to main content
OPENKERJA.ID

follow us

Petunjuk Lengkap Pendaftaran CPNS 2018 Pada Portal SSCN BKN

Calon Pegawai Negeri Sipil (disingkat CPNS) adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama. Calon Pegawai Negeri Sipil belum mengikuti kewajiban untuk memenuhi syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan gaji 100%. Mereka digaji dengan persentase sejumlah 80% berdasarkan SK CPNS yang telah ditentukan dengan berpedoman pada undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Lowongan CPNS masih menjadi target beberapa pencari kerja baik itu yang sudah bekerja di perusahaan swasta maupun bagi mereka yang baru lulus pendidikan. Jadi PNS Adalah Cara Paling Konkret Untuk Turun Tangan Dan Mulai Mengubah Keadaan, termasuk demi kemajuan Negeri bagi mereka yang memang mempunyai niat baik.

Bagi pelamar yang pemula tentunya kesulitan untuk melakukan pendaftaran, maka dari itu pihak BKN membuatkan buku pedoman petunjuk lengkap untuk melakukan pendaftaran CPNS di situs SSCN BKN. Berikut Petunjuk Lengkap Pendaftaran Online CPNS di SSCN BKN.

I. ALUR PENDAFTARAN CPNS 2018



II. HAL - HAL YANG HARUS DISIAPKAN

Sebelum mendaftar ke instansi yang dituju, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. Dokumen tersebut terdiri dari :
  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkrip Nilai
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

III. TATA CARA PENDAFTARAN CPNS 2018 SECARA UMUM





1. Pelamar harus masuk ke portal SSCN 2018 seperti tampilan di atas

2. Pelamar diwajibkan untuk memahami tata cara dan syarat pendaftaran dengan teliti

3. Klik Pencarian Lowongan  untuk mencari informasi terkait Pendidikan, Jabatan dan Instansi yang dibuka. Kemudian pilih Jenis Formasinya



4. Pelamar dapat melihat lowongan yang tersedia pada table tersebut, klik Download untuk melihat lebih detail Pengumuman dan Persyaratan instansi yang dipilih

5. Klik Alur untuk melihat tata cara pendaftaran CPNS 2018. Pelamar wajib membaca dengan teliti dan mempelajarinya supaya tidak ada informasi yang tertinggal sebelum melanjutkan ke proses Pendaftaran

6. Pelamar hanya dapat melamar 1 (satu) jabatan dalam 1 (satu) jenis formasi (Formasi Umum/Formasi Khusus Lulusan Terbaik (cumlaude)/Formasi Khusus Putra-Putri Papua dan Papua Barat/Formasi Khusus Disabilitas/Formasi Diaspora/Formasi Atlet Terbaik)/Formasi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks THK-2) di 1 (satu) instansi

7. Untuk melanjutkan ke proses pendaftaran, klik Registrasi dan akan tampil halaman Pendaftaran Akun SSCN 2018 seperti gambar di bawah ini



8. Klik Helpdesk untuk bantuan dan pengaduan



9. Klik FAQ untuk mencari permasalahan terkait SSCN, seperti tampilan gambar dibawah ini



10. Klik Layanan Call Center untuk menghubungi instansi terkait pendaftaran



3.1 Daftar ke Portal SSCN


Apabila pelamar siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah :

1. Klik Pendaftaran dan akan tampil seperti berikut :



2. Pilih Jenis Formasi. Pelamar yang memilih Formasi Khusus Diaspora atau Olahragawan/Olahragawati Berprestasi Internasional atau Tenaga Pendidik & Tenaga Kesehatan Eks THK-II, tidak dapat mengubah formasi ke Formasi Umum atau Formasi Khusus Disabilitas Fisik atau Lulusan Terbaik atau Puta/I Papua & Papua Barat.

Formasi Diaspora diperuntukkan untuk pendaftar yang termasuk sebagai Diaspora berkewarganegaraan Republik Indonesia dan terdata di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Syarat tambahan dapat dilihat di halaman web saat memilih jenis formasi halaman Pembuatan Akun.

Formasi Olahragawan/Olahragawati Berprestasi Internasional diperuntukkan untuk pendaftar yang termasuk di dalam atlet berprestasi internasional berdasarkan data Kementerian Pemuda dan Olahraga, merujuk ketentuan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 6 Tahun 2018.

Bagi pelamar yang memilih jenis formasi khusus Tenaga Honorer Kategori II, harap membaca dan memahami tata cara pendaftaran di poin 3.9

3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK) bagi pelamar yang memilih jenis formasi Umum, Lulusan Terbaik Dengan Pujian, Penyandang Disabilitas dan Putra/i Papua & Papua Barat.

Bagi pelamar yang memilih Diaspora, masukkan Nomor Passport. Bagi pelamar yang memilih formasi Atlet Berprestasi, masukkan Nomor Identitas Atlet yang terdaftar di Kementerian Pemuda dan Olah Raga dan bagi pelamar yang memilih formasi Tenaga Honorer Kategori 2 (THK-2) masukkan Nomor Peserta yang tertera pada Salinan Kartu Tanda Peserta Ujian THK-2 Tahun 2013 kemudian masukkan Tanggal Lahir, NIK dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK).

4. Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)



5. Masukan kode captcha yang terlampir. Kode captcha tidak bersifat case sensitive

6. Setelah data di atas dimasukan, klik Lanjutkan untuk proses selanjutnya



7. Pada proses ini, pelamar mengisi dan membandingkan data di KTP dengan data Ijazah. Proses pemberkasan CPNS menggunakan data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang terdiri dari Nama sesuai ijazah tanpa gelar, Tempat dan Tanggal Lahir. Pastikan bahwa Anda mengisi data tersebut dengan benar.

8. Upload pas foto sesuai dengan keterangan di aplikasi dengan mengklik  Browse..., cari foto yang akan diunggah kemudian klik OK seperti contoh di bawah ini:



9. Data lain yang perlu diisi terdiri dari data :
  • E-mail
    Masukan e-mail aktif dan valid
  • Password
    Masukan password yang mudah diingat.
    Harap mencatat dan menyimpan password Anda karena akan digunakan untuk login SSCN
  • Pertanyaan Pengaman 1
    Pilih pertanyaan pengaman Anda
  • Jawaban Pengaman 1
    Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih.
    Harap mencatat dan menyimpan Jawaban Pengaman 1 Anda.
  • Pertanyaan Pengaman 2
    Pilih pertanyaan pengaman Anda
  • Jawaban Pengaman 2
    Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih.
    Harap mencatat dan menyimpan Jawaban Pengaman 1 Anda.
  • Captcha
    Masukan kode captcha yang tampil di layar

10. Pastikan Anda mengisi semua data dengan lengkap dan benar. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau dirubah.

11. Selanjutnya klik Daftar



12. Halaman  pemberitahuan  bahwa  pendaftaran  ke  portal  SSCN  2018 berhasil, klik Cetak Informasi Pendaftaran untuk mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar ke portal SSCN 2018. Harap menyimpan kartu tersebut dengan baik.



13. Klik Lanjutkan Login Pendaftaran untuk melakukan login pendaftaran SSCN.



3.2 Login ke Portal SSCN dan Isi Biodata


1. Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://sscn.bkn.go.id dengan klik tombol Login yang tertera di sudut kanan atas, atau klik tombol Lanjutkan Login Pendaftaran setelah pelamar mencetak Kartu Informasi Akun.

2. Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu klik Masuk seperti gambar di bawah ini :



3. Upload foto selfie/swafoto maksimal 200 kb format .jpeg/.jpg dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun seperti contoh gambar dibawah. Klik Browse... kemudian cari foto yang akan diunggah, tampilan foto yang telah diunggah dapat dilihat di bagian Swafoto Anda.



Pada form ini, pelamar dapat mencetak ulang Kartu Informasi Akun pada tombol Cetak Ulang Kartu Informasi Akun. Bila pelamar sudah mengunggah swafoto, klik Selanjutnya > untuk ke halaman Pengisian Biodata.

4. Pada form ini lengkapi Alamat Domisili saat ini, Propinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon, Tinggi Badan, Status Perkawinan, Nomor HP, Agama dan Akun Media Sosial. Kemudian isi captcha yang tersedia.



5. Bila data telah dilengkapi, klik Selanjutnya > dan akan tampil form Pengisian Formasi

3.3 Pengisian Formasi




1. Pilih instansi yang dituju

2. Pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi. Pilihan Jenis Formasi dapat dilihat di Pengumuman Instansi.

3. Klik Pilih dan form isian akan aktif. Pelamar dapat mengubah instansi dan formasi yang dipilih dengan klik Ulang

4. Instansi yang tampil adalah instansi yang sudah buka pendaftarannya sesuai dengan Pengumuman dari instansi tersebut



5. Pilih pendidikan sesuai dengan ijazah

6. Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan yang dipilih

7. Pilih Lokasi Formasi

8. Pilih Lokasi Test apabila instansi memberikan kewenangan pelamar untuk memilih Lokasi Test

9. Isi nilai IPK menggunakan tanda titik (.) dan dua digit dibelakang koma atau nilai ijazah untuk lulusan SMA sederajat

10. Pilih Jenis Skor Bahasa dan Nilainya, apabila instansi mensyaratkan

11. Isi NUPTK/ Nomor Sertifikasi atau Nomor STR pada kolom yang tersedia bagi jabatan yang membutuhkan

12. Isi Nomor Ijazah

13. Isi Tahun Lulus

14. Pilih Jenis Perguruan Tinggi

15. Isi Tanggal Ijazah

16. Ketik nama Universitas atau sekolah, kemudian pilih (autocomplete)

17. Ketik nama Universitas atau sekolah sesuai dengan ijazah

18. Ketik nama program studi, kemudian pilih (autocomplete)

19. Pilih Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi untuk perguruan tinggi. Sedangkan untuk pelamar SLTA sederajat, akreditasi dapat dipilih Lainnya

20. Isi kode captcha sesuai dengan gambar yang tampil

21. Klik Selanjutnya >



3.5 Unggah Dokumen


Setelah pelamar melengkapi Pengisian Formasi, tahap selanjutnya adalah unggah (upload) dokumen jika instansi mensyaratkan pelamar untuk upload dokumen.



a) Pilih jenis dokumen yang akan diunggah

b) Perhatikan tipe dokumen dan ukuran yang dapat diunggah ke system dengan maksimal ukuran dan jenis file :
  1. KTP : 200 kb / jpeg, jpg
  2. Pass photo : 200 kb / jpeg, jpg
  3. Ijazah : 700 kb / .pdf
  4. Transkrip Nilai : 500 kb / .pdf
  5. Surat Lamaran : 300 kb / .pdf
  6. Dokumen Lainnya : 700 kb / .pdf

c) Klik  . Cari dokumen tersebut

d) Status dokumen akan berubah menjadi “Sudah Diunggah” jika proses unggah dokumen berhasil

e) Pelamar dapat melihat dokumen yang telah diunggah dengan klik Lihat

f) Jika pelamar salah unggah dokumen, klik Unggah kemudian cari dokumen yang dimaksud. Sistem akan menyimpan dokumen yang terakhir diunggah

g) Setelah pelamar mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan tersebut, klik Selanjutnya >

h) Pelamar wajib membaca dan memperhatikan Ketentuan Unggah Dokumen yang tercantum

3.6 Resume Pendaftaran SSCN

Setelah pelamar melengkapi dokumen yang diunggah, maka akan tampil halaman resume seperti gambar di bawah ini. Pelamar wajib membaca dan mengecek kembali data-data yang telah diisi dan dilengkapi.

Jika pelamar masih belum yakin dengan data yang telah dilengkapi atau dengan instansi/formasi/jabatan yang dipilih, pelamar dapat kembali ke form sebelumnya dengan melakukan klik < Sebelumnya, kemudian perbaiki data tersebut.

Jika sudah tidak ada lagi data yang akan diubah, checklist bagian yang tersedia kemudian klik Akhiri dan Proses Pendaftaran. Dengan mengklik tombol tersebut, pelamar bersedia menanggung akibat hukum apabila data tidak sesuai dengan dokumen.







Kemudian akan tampil notifikasi bahwa data tersebut tidak dapat diubah. Klik iya, kemudian akan tampil halaman Final Resume. Pelamar sudah tidak dapat mengubah data kembali. Pada halaman ini, pelamar dapat mencetak Kartu Pendaftaran SSCN dengan mengklik CETAK KARTU PENDAFTARAN SSCN 2018





3.7 Riwayat Pendaftaran




1. Setiap pendaftaran yang dikirim oleh pelamar dapat dilihat dan dicek statusnya di menu Riwayat berdasarkan :
  • Instansi : Instansi yang dilamar
  • Jenis Formasi : Jenis formasi sesuai dengan yang dipilih
  • Tanggal Daftar : Tanggal pendaftaran ketika pelamar mendaftar
  • Periode : periode yang dilamar
  • Status Administrasi : status proses administrasi pelamar. Bagi pelamar yang lulus seleksi administrasi tombol cetak Kartu Ujian akan tampil
  • Resume : Pelamar dapat melihat form Resume

3.8 Kartu Ujian SSCN




Untuk mencetak Kartu Ujian, klik menu Riwayat, pada kolom Kartu Peserta klik tombol yang tersedia. Kartu Ujian akan tampil bagi pelamar yang lulus verifikasi sebagai bukti untuk melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya.



3.9 Pelamar Formasi Khusus Tenaga Honorer Kategori 2 (THK-2) Tahun 2013




a. Persyaratan

Pelamar yang dapat memilih formasi ini adalah Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori 2 Tahun 2013 yang memenuhi persyaratan :
  1. Tenaga Honorer Kategori 2 yang terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN)
  2. Usia paling tinggi 35 tahun pada tanggal 1 Agustus 2018, masih aktif bekerja secara terus-menerus sampai saat ini
  3. Bagi Tenaga Pendidik, minimal berijazah S-1 yang diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi Tenaga Honorer Kategori 2 pada tanggal 3 November 2013
  4. Bagi Tenaga Kesehatan, minimal berijazah D-III yang diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi Tenaga Honorer Kategori 2 pada tanggal 3 November 2013
  5. Memiliki masa kerja minimal 1 (satu) tahun pada tanggal 31 Desember 2005

b. Verifikasi Data dan Pencetakkan Salinan Kartu Ujian THK-2 Tahun 2013
Bagi pelamar yang memenuhi persyaratan di atas, hal yang harus diperhatikan dan dilakukan sebelum membuat akun di https://sscn.bkn.go.id adalah:

1) Mengecek data di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn dengan memasukkan :
  • Nomor Peserta atau,
  • Nama
  • Tanggal lahir
  • Kelompok tugas : Tenaga Pendidik atau Tenaga Kesehatan
  • Instansi : Instansi dimana honorer terdata pada saat tahun 2013
  • Kode captcha yang tertera
  • Kemudian klik CHECK





2) Bila data sesuai maka akan tampil Nomor Peserta. Klik Download Kartu Bukti THK2 kemudian akan tampil Kartu Tanda Bukti Peserta THK-2 Tahun 2013. Pelamar wajib mencetak kartu tersebut sebagai tanda bukti bahwa data pelamar terdata di database BKN sebagai Tenaga Honorer Kategori 2 yang memenuhi syarat.




Bagi pelamar yang datanya tidak ada di database honorer BKN akan tampil notifikasi seperti gambar di bawah ini. Pelamar dapat membuat akun dan mendaftar di SSCN dengan memilih formasi lain yang sesuai dan bersaing dengan pelamar lain.



3) Pelamar yang memenuhi syarat tersebut datang ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) instansi dimana pelamar terdata, membawa tanda bukti cetakan Kartu Tanda Bukti Peserta THK2 Tahun 2013, pass photo 3X4 sebanyak 2 (dua) lembar berlatar belakang merah dan berkas lainnya sesuai dengan ketentuan instansi. Pelamar yang masih memiliki Kartu Ujian Tenaga Honorer Kategori 2 Tahun 2013 dapat dibawa dan ditunjukkan ke instansi.

4) Instansi mengecek data pelamar tersebut ke https://helpdesk.bkn.go.id/sscn dengan memasukkan nomor tiket yang tertera pada cetakkan kartu bukti.

5) Instansi melakukan verifikasi dan validasi data pelamar tersebut, kemudian mencetak Salinan Kartu Peserta Ujian THK-2 Tahun 2013.

6) Pejabat yang berwenang di BKD menandatangani Salinan Kartu Peserta Ujian THK-2 Tahun 2013.

7) Peserta menerima Salinan Kartu Peserta Ujian THK-2 Tahun 2013 yang sudah ditandatanaani.

8) Selanjutnya, peserta melanjutkan proses pendaftaran ke https://sscn.bkn.go.id untuk membuat akun dan mendaftar ke instansi yang terdata pada poin 3.1 halaman 10.

INFORMASI PENERIMAAN CPNS 2018

You Might Also Like:

Perhatian: Kami tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap rekrutmen disitus ini apabila ada pihak yang mengatasnamakan kami atau perusahaan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu PALSU.
Copyright © 2018 OPENKERJA.ID